TIPS & CARA MENDAPATKAN PEKERJAAN DENGAN MUDAH & CEPAT

Di zaman serba canggih dan up to date saat ini lapangan pekerjaan tetap saja belum tersedia secara memadai. Bahkan menurut data BPS (Badan Pusat Statistik), jumlah pengangguran tercatat 7,24 juta orang per Agustus 2014.

So, buat kamu yang sudah memasuki dunia kerja, adalah lebih bijak mempersiapkan diri. Caranya adalah dengan menyimak dan mempraktekkan tips-tips sederhana bin mudah berikut.

1. Tingkatkan Kompetensi Diri
Menyimak data yang disajikan BPS Agustus 2014, yang mencengangkan adalah pengangguran lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) meningkat 0,03% dibandingkan dengan bulan yang sama tahun 2013. Lebih mencengangkan lagi pengangguran lulusan diploma meningkat 0,19% menjadi 6,14%.

Dengan ketersediaan lapangan kerja yang tak sebanding, kompetisi menjadi sangat sulit. Salah satu cara untuk memperkecil rate kompetisi ini adalah dengan meningkatkan kompetensi. Kamu bisa mengikuti pendidikan non formal, ataupun kursus guna mengasah keterampilan.

2. Mengiklankan Diri
Sama seperti perusahaan yang memasang iklan di media massa, semestinya pun pencaker alias pencari kerja mengiklankan diri. Maksudnya bukan ikutan memasang iklan di koran, tapi memanfaatkan jaringan teman ataupun media sosial.

Kamu bisa bertanya mengenai lowongan kerja di tempat teman ataupun keluarga. Bukan bermaksud untuk kolusi, namun membuka diri untuk menerima info dan masukan.

Lainnya kamu bisa memasang iklan loker secara online. Bisa melalui olx (leburan Toko Bagus dan Berniaga) ataupun situs loker lainnya.

3. Gabung ke Grup Media Sosial Khusus Pencari Kerja
Cara lain bisa dengan menggunakan media sosial dan ataupun internet. Sudah banyak bertebaran medsos khusus pencaker seperti Grup Facebook maupun Twitter. Dengan bergabung ke grup fb atau twitter, tentu kamu akan mendapat info loker yang belum tentu diketahui banyak orang. Alhasil tingkat persaingan pun rendah.

4. Berlangganan Surat Kabar
Berlangganan Surat Kabar termasuk alternatif mudah dan cepat dalam mencari info terbaru lowongan kerja. Hanya saja sayangnya kamu harus merogoh kocek sedikit dalam untuk mengikuti tips ini. Well, buat kamu yang kesulitan kamu bisa mencari alternatif lain dengan mengunjungi toko buku ataupun kantor teman/saudara kamu yang berlangganan.

5. Daftar Situs Iklan Lowongan Kerja
Beberapa situs pencari kerja yang terpercaya dan selalu update di antaranya adalah Jobstreet, JobsDB dan Karir. Bukan hanya sekedar menampilkan info lowongan kerja, namun juga navigasi yang mudah serta info loker langsung ke ponsel juga merupakan fitur yang sangat sayang dilewatkan.

Sekian beberapa tips mudah dan cepat mendapatkan pekerjaan. Seiring dengan perkembangan zaman, update konten mungkin diperlukan. Good luck!


Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar