Apa, Berapa, Lokasi, dan Cara Sewa PO BOX / Kotak Pos

Tentang PO BOX

Info mimin infolowongankerjamu.blogspot.com: Rupanya masih banyak juga yang bertanya-tanya di mana alamat lokasi PO BOX tertentu? Mimin agak bingung juga jawabnya (:sambilgaruk2kepala). PO BOX itu merupakan singkatan dari Post Office Box alias Kotak Pos. Nah PO BOX itu di-sewa-kan oleh pihak Kantor Pos kepada penyewa-nya, dalam hal ini perusahaan (badan usaha) ataupun perorangan.

Alasan Sewa PO BOX

Banyak alasan perusahaan menggunakan PO BOX / kotak pos ini dalam membuka lowongan kerja; salah satunya adalah independensi; bebas intervensi dari calon pekerja. Alasan lain; alamat kantor yang tidak menetap / pindah-pindah, meminimalkan surat lamaran hilang, lebih aman coz hanya bisa diambil oleh yang pegang kunci.

Cara Sewa PO BOX / Kotak Pos

Cara sewa PO BOX ini bisa dibilang mudah kok untuk perorangan syaratnya cuma fotokopi KTP doank. Namun tidak demikian untuk perusahaan atau badan usaha. Diperlukan dokumentasi alias beberapa surat-surat legal terkait penyewaan PO BOX oleh perusahaan, yang tidak dibahas di sini.

Di Mana Letak / Lokasi PO BOX?

Nah biar jelas di mana sebetulnya letak / lokasi PO BOX / Kota Pos itu? Kamu mesti paham bahwa PO BOX itu di-sewakan oleh pihak Kantor Pos. Artinya urusan surat-menyurat nantinya hanya bisa dilakukan melalui POS Indonesia, bukan ekspedisi lain. Kalaupun ada jasa ekspedisi lain yang menyediakan layanan "bisa kirim ke PO BOX", nantinya juga diserahkan ke Kantor POS kok. 2 kali gawe :D

Tidak semua kantor pos menyewakan Kotak Pos / PO BOX ini. Biasanya hanya Kantor Pos besar yang menyediakannya. Alasannya karena layanan PO BOX disediakan oleh Kantor Pos yang kepemilikan bangunannya adalah milik pihak Pos Indonesia itu sendiri.

Jadi kalo ada temen yang masih nanyain di mana sih letak PO BOX itu? Jawab aja: Di Kantor POS! Hehe

Tarif Sewa Kotak Pos / PO BOX

Sebaiknya kamu tahu, bahwa biaya sewa kotak pos / PO BOX itu ditentukan oleh besar/kecilnya tempat penyewaannya. Asal kamu tahu Kotak pos itu bentuknya adalah seperti loker alias laci-laci loh. Jadi jangan berpikir yang rumit-rumit lah ;P

Tarif sewa PO BOX biasanya ditentukan oleh besar / kecil nya laci yang disewa tadi. Semakin gede ya semakin mahal. Biasanya untuk kotak pos yang tempatnya kecil , biaya sewa po box berkisar 120rb - 150ribu per tahun untuk perorangan. Kalau untuk perusahaan berkisar 1,5 hingga 2x lipatnya, bergantung regulasi / kebijakan kantor pos masing-masing.

So, demikian sedikit info mengenai PO BOX dari mimin infolowongankerjamu.blogspot.com ini. Semoga membantu, en jangan lupa share.


Comments
1 Comments

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Mohon informasi apakah sewa PO BOX atas nama Badan dikenakan pajak, terima kasih

Posting Komentar